Rabu , Juli 17 2024
tokopedia play

Tips jualan lewat “live streaming” bawa “uang tunai”

Pastikan isi dan topik diskusi sesuai

Jakarta (ANTARA) – Penjualan on line di satu arah streaming langsung semakin populer juga karena menawarkan pengalaman interaktif antara penjual dan pembeli.

Wakil Direktur Content Marketing Tokopedia, Nirmala Hapsari, menilai fitur tersebut dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat. streaming langsung You, Tokopedia PLAY, adalah sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut perdagangan sosial.

“Tokopedia PLAY memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran digital penjual, dimulai dengan memberikan promosi dan membangun peluang.” kesadaran hingga meningkat pertunangan Bisnis. Penjual juga bisa bermitra dengan pembuat konten untuk menarik lebih banyak calon pembeli,” ujar Nirmala,

Berdasarkan data internal Tokopedia, rata-rata jumlah transaksi penjual meningkat lebih dari 7 kali lipat pada semester pertama tahun 2023 setelah berjualan menggunakan fitur tersebut. streaming langsung dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022. Sejumlah penjual bahkan mengalami peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 60 kali lipat pada paruh pertama tahun 2023 dibandingkan paruh pertama tahun 2022 karena penggunaan fungsi ini.

Artinya, jumlah transaksi seller yang menggunakan Tokopedia PLAY terus meningkat dengan laju yang sangat kuat sepanjang periode tersebut, kata Nirmala.

Tokopedia membagikan lima tips daya tarik cuan dari penjualan streaming langsung.

1. Tempat sendiri dan alat yang sesuai

Untuk menjual streaming langsung terlihat profesional, penjual dapat menggunakan alat yang sesuai berupa ponsel, tripod, dan mikrofon untuk melampirkan. Gunakan background yang sederhana, bersih, dan pencahayaan yang terang agar wajah dan produk penjual terlihat jelas.

Jika perlu penjual bisa menggunakan lampu tambahan agar penerangan cukup.

2. Pengalaman interaktif

Salah satu manfaatnya belanja langsung adalah pengalaman komunikasi yang lebih interaktif antara penjual dan calon pembeli. Oleh karena itu, penjual harus aktif berkomunikasi dan menanggapi setiap pertanyaan atau komentar dari calon pembeli.

“Pastikan konten dan topik pembahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misalnya untuk produk fashion, penonton lebih ingin mengetahui kualitas dan tampilan dari produk tersebut,” ujar Nirmala.

Contoh konten fashion adalah memakai atau memadukan pakaian untuk meningkatkan engagement dengan calon pembeli.

3. Penawaran Khusus streaming langsung

Sehingga konsumen tertarik untuk mengikutinya streaming langsung Saat membeli produk, penjual dapat memberikan diskon khusus atau berbagi hadiah yang hanya tersedia dengan menghadiri sesi tersebut.

Sejumlah streaming langsung Aksi paling populer di Tokopedia PLAY pada paruh pertama 2023 termasuk pemberian hadiah gadget dan siaran langsung bersama pemberi pengaruh sampai diskon.

4. streaming langsung Rutin dan beriklan di media sosial

Untuk membangun loyalitas audiens dan pelanggan, penjual perlu merencanakan penjualan streaming langsung rutin, biasanya 1-2 kali seminggu, agar produk atau toko tetap melekat di benak konsumen.

Setelah mengatur jadwal, dorong penjualan juga streaming langsung Di feed Tokopedia dan media sosial, buat judul konten dan spanduk penutup menarik, sehingga konsumen ingin melihat dan membeli produk tersebut.

5. Evaluasi Kinerja streaming langsung

Setelah sesi streaming langsung Jangan lupa untuk melakukan penilaian di akhir agar kegiatan selanjutnya berjalan lebih optimal. Misalnya, Tokopedia memiliki fitur video insight yang memungkinkan Anda melihat jumlah penonton, produk yang dilihat, produk yang ditambahkan ke keranjang, produk yang dijual, dan estimasi pendapatan.

Baca Juga : Tips Sukses Jualan Online dari Pakar Komunikasi

Reporter: Natisha Andarningtyas
Penerbit: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *