Rabu , Juli 24 2024
Tokopedia dan The Trade Desk berkolaborasi dalam periklanan sumber terbuka

Tokopedia dan The Trade Desk berkolaborasi dalam periklanan sumber terbuka

JAKARTA (ANTARA) – Tokopedia resmi bermitra dengan perusahaan teknologi The Trade Desk untuk membantu pengiklan menargetkan dan menjangkau konsumen paling prospektif di internet terbuka berdasarkan aktivitas Tokopedia mereka.

Menurut siaran pers hari Senin, kolaborasi ini dapat membantu pemasar menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Kelompok sasaran atau pengguna adalah mereka yang sudah tertarik dengan suatu produk/toko, telah memasukkan produk ke dalam keranjang belanjanya atau melakukan transaksi di Tokopedia.

“Sehingga iklan akan sangat tertarget dan berpotensi dikonversi menjadi penjualan,” ujar Alfredo Setiabudi, Senior Vice President Ads Solution Tokopedia.

Tokopedia akan menjadi aplikasi jual beli online pertama di Indonesia yang akan memberikan solusi konsumen dan metering di semua saluran internet terbuka melalui layanan The Trade Desk. Sementara itu, Tokopedia secara terprogram akan menyediakan data aktivitas belanja pengguna dalam aplikasi belanja iklan (dengan prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi sesuai ketentuan yang berlaku).

Data yang digunakan tidak mengandung data pribadi seperti nama, alamat, dan nomor telepon pengguna. Hal tersebut dilakukan Tokopedia untuk menjadikan privasi konsumen sebagai prioritas utama dalam kerjasama ini.

Kemitraan baru ini bertujuan untuk memudahkan pengiklan menjangkau audiens yang lebih luas di saluran internet terbuka yang paling cepat berkembang seperti Over-the-Top (OTT), Connected TV (CTV), Streaming Audio dan Digital Out of melalui layanan The Trade Desk Beranda (DOOH) di luar platform e-niaga itu sendiri. Penjual Tokopedia dan pengiklan The Trade Desk dapat memanfaatkan data retail Tokopedia untuk menampilkan iklan yang lebih relevan kepada audiens di Tokopedia saat mereka menonton OTT, mendengarkan musik streaming, dan saat menggunakan aplikasi seluler atau game, atau membaca berita dan konten dari situs web terkenal.

“Kolaborasi kami dengan Tokopedia memberikan peluang luar biasa bagi merek untuk memanfaatkan data ritel Tokopedia untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial sekaligus mengukur efektivitas periklanan,” kata Purnomo Kristanto, General Manager Indonesia di The Trade Desk.

Pendekatan baru ini dapat mewakili peningkatan yang signifikan dibandingkan solusi media retail lokal, di mana kampanye iklan hanya berjalan di inventaris yang dimiliki oleh aplikasi belanja dan penjualan online. Kolaborasi ini adalah solusi mengutamakan privasi yang memanfaatkan data anonim yang disetujui oleh konsumen Tokopedia untuk membantu pengiklan memanfaatkan pemasaran berbasis data di web terbuka.

Reporter: Vinny Soffa Salma
Penerbit : Siti Zulaikha
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *