Sabtu , Mei 25 2024
230925 donald trump ac 1109p 8f4430

Trump berpendapat bahwa Amandemen Pertama melindunginya dari kasus-kasus yang bertujuan untuk menjauhkannya dari pemungutan suara

DENVER (AP) — Pengacara mantan Presiden Donald Trump berargumentasi bahwa upaya untuk melarang dia ikut pemilu tahun 2024 berdasarkan “klausul pemberontakan” yang jarang digunakan dalam Konstitusi harus dianggap sebagai pelanggaran terhadap kebebasan berpendapatnya.

Para pengacara menyampaikan argumen-argumen tersebut dalam pengajuan yang dirilis Senin oleh pengadilan Colorado, yang menandai salah satu tantangan paling signifikan dalam serangkaian tantangan terhadap pencalonan Trump berdasarkan Klausul Perang Saudara dalam Amandemen ke-14. untuk menebus kesalahan Joe Biden pada tahun 2020, dan atas perannya menjelang serangan kekerasan di US Capitol pada 6 Januari 2021.

“Pemohon tidak pernah berargumen bahwa Presiden Trump melakukan apa pun selain bersuara atau menolak berbicara untuk mendukung argumen mereka bahwa dia terlibat dalam dugaan pemberontakan,” tulis pengacara Geoffrey Blue.

Trump juga akan berargumentasi bahwa klausul tersebut tidak berlaku baginya karena “Amandemen Keempat Belas berlaku bagi seseorang yang ‘melakukan pemberontakan atau pemberontakan,’ bukan bagi seseorang yang sekadar ‘menghasut’ tindakan apa pun,” tulis Blue.

Pengacara mantan presiden tersebut juga mengatakan bahwa gugatan tersebut harus dibatalkan karena ia belum menjadi kandidat berdasarkan undang-undang pemilu Colorado, yang menurut mereka tidak dimaksudkan untuk menyelesaikan perselisihan konstitusional.

Pengajuan berdasarkan undang-undang anti-SLAPP Colorado, yang melindungi orang dari tuntutan hukum yang melecehkan mereka karena perilaku yang dilindungi oleh Amandemen Pertama, akan menjadi tantangan multi-negara pertama terhadap Amandemen ke-14 yang akan diperiksa di pengadilan terbuka. Gugatan itu diajukan pada Jumat malam dan dirilis oleh pengadilan pada Senin.

Hakim Distrik Denver Sarah B. Wallace telah menjadwalkan sidang mengenai mosi tersebut pada 13 Oktober. Sidang tentang masalah konstitusi akan berlangsung pada tanggal 30 Oktober.

Apapun keputusan Wallace, permasalahan ini kemungkinan besar akan sampai ke Mahkamah Agung AS, yang belum pernah mengadili kasus yang menentukan Amandemen ke-14, yang diratifikasi pada tahun 1868, tiga tahun setelah berakhirnya Perang Saudara. Klausul tersebut hanya digunakan beberapa kali.

Gugatan di Colorado terkenal karena merupakan gugatan pertama yang diajukan oleh sebuah organisasi dengan sumber daya hukum yang besar, dalam hal ini adalah kelompok liberal bernama Citizens for Responsibility and Ethics (Warga Negara untuk Tanggung Jawab dan Etika) di Washington. Kelompok liberal kedua, Free Speech For The People, juga telah mengajukan gugatan terhadap pencalonan Trump di Minnesota, yang dijadwalkan akan disidangkan di Mahkamah Agung negara bagian tersebut pada tanggal 2 November.

Bagian ketiga dari amandemen tersebut melarang siapa pun yang pernah bersumpah untuk menegakkan Konstitusi namun kemudian terlibat dalam “pemberontakan” melawan Konstitusi. Niat awalnya adalah untuk mencegah mantan pejabat Konfederasi menjadi anggota Kongres dan mengambil alih pemerintahan.

Klaim Trump bahwa ia dilindungi oleh kebebasan berpendapat mencerminkan pembelaannya dalam kasus pidana yang menuduhnya berperan dalam serangan 6 Januari. Di sana juga, ia berargumentasi bahwa ia hanya mencoba untuk menarik perhatian pada apa yang ia yakini sebagai pemilu yang tidak sah – meskipun puluhan tuntutan hukum yang menentang hasil pemilu telah ditolak.

Jaksa dalam kasus-kasus tersebut dan beberapa ahli hukum telah mencatat bahwa kejahatan Trump lebih dari sekedar ucapan dan mencakup tindakan seperti mencoba mengatur daftar pemilih palsu yang bisa diidentifikasi oleh Kongres untuk menjadikannya presiden lagi.

Kasus pidana telah dimasukkan ke dalam tantangan Amandemen ke-14 di Colorado. Pada hari Jumat, Wallace mengeluarkan perintah yang melarang ancaman dan intimidasi dalam kasus tersebut setelah penggugat menunjukkan bahwa Trump telah menargetkan pengacara dan saksi dalam kasus pidana terhadapnya.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *