230908 turkey cave rescue cc 1242a 7e9609

Upaya untuk membebaskan warga Amerika yang terjebak di gua Turki diperkirakan akan dimulai pada hari Jumat

PROVINSI MERSIN, Turki (AP) — Tim penyelamat Turki siap membebaskan seorang penjelajah gua Amerika yang terperangkap lebih dari 3.000 kaki di bawah tanah dalam beberapa hari ke depan, kata seorang pejabat manajemen darurat pada Kamis.

“Dengan kabar baik ini dan para dokter mengatakan bahwa mereka dapat membawanya keluar sekarang, perlahan, paling lambat besok atau lusa, kami akan mulai menyelamatkannya,” kata Recep Şalcı, kepala departemen pencarian dan penyelamatan Bencana Turki. Departemen Bantuan dan Otoritas Manajemen Darurat.

Mark Dickey berada di kedalaman lebih dari 900 meter di Gua Morca, gua terdalam ketiga di negara itu, kata para pejabat.

Dickey sedang dalam perjalanan internasional untuk memetakan situasi ketika dia menderita pendarahan gastrointestinal pada hari Sabtu dan tidak dapat kembali sendiri. Dia sudah pulih, katanya dalam sebuah video pada hari Rabu.

Gua ini terletak di Pegunungan Taurus di Turki selatan. Menurut Asosiasi Caving Turki, yang mendukung upaya ini, terdapat jalur sempit dan beberapa area yang memerlukan rappelling.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) berencana untuk menerbangkannya kembali dengan helikopter dan akan menyiapkan tim kesehatan, kata Şalcı.

Dickey berdarah dan muntah, tapi sekarang tidak lagi, dr. Tulga Şener, Koordinator Medis Komisi Penyelamatan Asosiasi Caving Turki.

Dickey menerima satuan darah, dan ada lebih banyak unit lagi di kamp tempat dia tinggal, “tetapi tampaknya hal itu tidak diperlukan saat ini,” kata Şener. Ada juga dokter dan paramedis di gua bersama Dickey, katanya.

Sebagai bagian dari upaya untuk menghilangkan Dickey, beberapa kamp medis telah didirikan di gua tersebut, kata Şener.

Dickey mengatakan dalam video hari Rabu bahwa dia “baik-baik saja”. Ia berterima kasih kepada para penjelajah gua dan pemerintah Turki yang membantu.

Ada 116 penyelamat di lokasi pada hari Kamis, kata Şalcı dari AFAD, dan 28 orang bekerja di dalam gua.

Gua Morca memiliki kedalaman lebih dari 4.100 kaki.

Aziz Akyavas melaporkan dari Provinsi Mersin dan Phil Helsel dari Los Angeles.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *