Sabtu , Mei 18 2024
230925 lahaina re open ew 300p 33087f

Warga Maui bisa melihat dari dekat bekas luka bakar di tempat rumah mereka dulu berdiri

LAHAINA, Hawaii (AP) — Kelompok penduduk pertama yang mengungsi akibat kebakaran musim panas yang dahsyat memulai perjalanan pulang yang menyakitkan pada hari Senin dan diizinkan masuk ke lokasi bencana untuk pertama kalinya untuk melihat properti mereka yang kosong.

Mobil-mobil meluncur ke pos pemeriksaan keamanan Garda Nasional Hawaii, beberapa membawa penduduk yang mengenakan perlengkapan pelindung dari kepala hingga kaki yang diantar ke properti mereka sementara para sukarelawan berdiri untuk membantu mereka menyaring puing-puing dengan aman.

“Anda berdiri di depan orang yang Anda cintai dan mengucapkan selamat tinggal,” kata relawan Todd Taylor. “Sangat penting bagi pemilik rumah untuk melihat ke balik abu dan melihat apa yang ada di sana.”

Masuknya kembali terjadi setelah berminggu-minggu pembersihan racun menyusul kebakaran hutan Lahaina pada 8 Agustus yang menewaskan 97 orang. Kebakaran ini adalah salah satu dari tiga kebakaran yang meneror Maui pada hari itu, menghancurkan lebih dari 2.000 bangunan, sebagian besar adalah rumah.

Darryl Oliveira, administrator sementara Badan Manajemen Darurat Maui, mengatakan badan tersebut mengeluarkan izin untuk 23 paket pada hari Senin dan sejauh ini 16 keluarga telah tiba.

Dia mengatakan para pejabat berusaha meminimalkan penyebaran debu yang berpotensi berbahaya atau beracun dan mendesak para keluarga untuk memasuki tanah mereka dengan sangat hati-hati.

“Masyarakat kecewa dengan besarnya kerusakan yang terjadi,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia melihat sebuah keluarga berhenti sejenak untuk berdoa sebelum memasuki properti mereka. “Kamu akhirnya mendapatkan penutupan.”

Oliveira mengatakan dia memperkirakan akan meningkatkan kecepatan operasi dan mengumumkan pembukaan kembali lebih banyak zona pada akhir minggu ini, dengan tujuan menyelesaikan proses masuk kembali ke Lahaina dalam waktu satu hingga dua bulan, tergantung pada seberapa cepat Badan Perlindungan Lingkungan AS. bergerak menyelesaikan pembersihan.

Ritual serupa sudah terjadi di pegunungan dekat Api Kula, di mana warga bisa menemukan cincin kawin dan benda pusaka lainnya.

Garda Nasional Hawaii memeriksa sebuah mobil yang melewati pos pemeriksaan di Jalan Kaniau pada hari Senin di Lahaina, Hawaii, di zona pertama yang diizinkan untuk masuk kembali.Mengshin Lin / AP

Menjelang masuknya kembali pada hari Senin, beberapa warga telah menyatakan keprihatinannya tidak hanya tentang apa yang akan mereka lihat dan perasaan yang akan muncul, tetapi juga tentang keamanan tanah dan udara itu sendiri setelah pembersihan.

Kebakaran ini telah memicu ketidakpercayaan yang mendalam terhadap pemerintah dan upaya pemulihan komunitas penduduk asli Hawaii, yang telah berjuang selama beberapa generasi untuk mendapatkan bagian dari sumber daya alam negara bagian tersebut setelah perkebunan tebu dan pariwisata mengambil alih sebagian besar lahan dan air.

Chuck Hogan, seorang warga setempat yang rumahnya di dekatnya tidak hancur namun menyaksikan tetangganya kembali, mengatakan pemandangan setelah kebakaran “tampak seperti gambaran Hiroshima.”

Sejak kebakaran, ia tinggal di teras rumahnya, teras tertutup, tanpa air atau listrik, dan merawat burung beo milik tetangganya, sedangkan tetangganya yang rumahnya hilang tinggal di hotel yang disubsidi pemerintah dan tidak mengizinkan hewan peliharaan.

“Tidak ada yang tersisa dari tembok beton itu,” katanya tentang rumah tetangganya. “Semuanya menjadi abu. Semuanya hilang begitu saja.”

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *