Saturday, Nov 01st

Last update06:59:37 PM GMT

You are here: Berita > Aksesori > Keluarga Cisco Linksys Wireless Broadband Router
Error
  • Error loading feed data.
  • Error loading feed data.

Keluarga Cisco Linksys Wireless Broadband Router

E-mail Print PDF
Linksys Wireless-N Router MIMO WRT320N

Koneksi Telkom Speedy, First Media dan operator broadband lainnya makin banyak di kota kota besar. Mari kita lihat Linksys ada tawaran apa untuk wireless routernya.

Koneksi internet broadband di kebanyakan rumah atau kantor terdiri dari dua buah box. Box pertama adalah modem dan box kedua biasa kita panggil router. Kadang kedua box itu bergabung menjadi satu dan peralatan itu biasa dipanggil Modem Gateway. Peralatan networking kadang bisa membingungkan dalam kita memilih mana yang kita perlu beli, jadi kali ini Tambah.info melihat produk Linksys dan membahas apa saja yang mereka tawarkan saat ini untuk router atau gatewaynya.

Untuk keperluan indentifikasi kita pasang dulu foto dua jenis modem yang banyak dijumpai baru kemudian kita bicara tentang router Linksys. Sebelah kiri adalah modem ADSL merek Aztech untuk koneksi ke Telkom Speedy atau penyedia jasa ADSL (Asynchronous Direct Subcriber Line) lainnya. Sebelah kanan adalah cable modem merk COM21 untuk koneksi ke penyedia koneksi internet kabel seperti First Media.

Aztech ADSL Telkom speedy modem COM21 First Media Cable Modem DOCSIS2
Modem ADSL
Modem Cable

Istilah Router dan Gateway kadang muncul disana sini. Untuk sebuah jaringan rumah dan kantor kecil kita tidak perlu memusingkan beda antara keduanya. Perbedaan akan terlihat jika kita bicara jaringan untuk perusahaan besar.

Linksys Wireless Router Saja Tanpa Modem :

Linksys WRT54GL ( Wireless-G ) Linux dan 4-port Fast Ethernet LAN.

Tipe Linksys ini populer karena dia terpasang sistem operasi Linux yang memungkinkan para ahli network melakukan modifikasi yang diinginkan terhadap cara kerja router. Software dengan nama DD-WRT dan OpenWRT adalah dua diantaranya. Tipe ini masih mendukung teknologi terdahulu 802.11b/g. Tipe yang lebih baru sudah keluar yaitu WRT160NL dibawah.

Linksys WRT120N ( Wireless-N ) 4-port Fast Ethernet LAN.

Model ini akan menjadi pilihan kebanyakan orang yang ingin membeli router Linksys saat ini. Harganya paling ekonomis dijajaran produk wireless-N Linksys tanpa fitur fitur advanced.

Linksys WRT160N ( Wireless-N ) 4-port Fast Ethernet LAN dan MIMO

Rumah atau kantor yang lebih luas bisa memilih tipe ini bukan WRT160N. Teknologi MIMOnya akan memaksimalkan jangkauan WiFi dan membuat transfer file lebih cepat.

Linksys WRT320N ( Wireless-N ) Dual Band 2.4 Ghz / 5 Ghz Selectable Wireless, MIMO, dan 4-port Gigabit LAN.

Kita kita yang kebutuhan networkingnya lebih menantang boleh beli tipe ini. Transfer data lewat WiFinya akan lebih cepat serta transfer file file besar seperti lagu dan video lewat colokan kabelnya akan lebih cepat karena sudah kecepatan Gigabit.

Linksys WRT160NL ( Wireless-N ) Sistem Operasi Linux, MIMO, 4-port Fast Ethernet LAN, dan ada port USB untuk Storage Link.

Penerus WRT54GL ini mempunyai potensi pengembangan lewat software Linuxnya yang fleksibel. Sebuah solusi billing untuk RT-RWnet bisa dilakukan dengan software khusus yang kita install di WRT160NL ini. Tipe ini mempunyai sebuah USB port untuk menghubungkan USB Flash Disk, USB External HDD, USB 3G Modem atau sebuah USB printer.

Cisco Indonesia baru baru ini mengadakan tour pengenalan fitur WRT160NL ke beberapa kota dengan pengajar Bapak Onno W. Purbo. Informasi mengenai modifikasi WRT160NL dengan DD-WRT bisa diakses di wiki opensource Telkom Speedy.

Linksys WRT610N ( Wireless-N ) Dual Band 2.4 Ghz / 5 Ghz Simultaneous Wireless, MIMO, 4-port Gigabit LAN, dan ada port USB untuk Storage Link.

Model ini sudah tipis stoknya dipasaran. Sepengetahuan Tambah.info ini adalah satu satunya model wireless router Linksys yang sistem radionya jalan sekaligus di frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Artinya apa? Artinya bila penghuni rumah atau kantor kita ada 8 orang / notebook, maka 4 orang bisa memilih terhubung pada frekuensi 2.4 Ghz dan 4 orang sisanya dapat terhubung di frekuensi 5 Ghz. Kecepatan menonton video dari file yang disimpan di sebuah media server akan lebih cepat bagi kesemua orang tersebut.

Router Linksys yang lebih tinggi harganya memakai teknologi Multiple In dan Multiple Out ( MIMO ). Dari literatur yang tersedia bisa dijelaskan disini bahwa teknologi MIMO menggunakan lebih dari satu antena untuk meningkatkan efisiensi dan kehandalan pengiriman dan penerimaan data tanpa menambah daya listrik untuk pemancar. Fitur ini telah menjadi standard yang digunakan oleh banyak pembuat peralatan networking. Kita yang mempunyai rumah atau kantor yang lumayan besar serta merencanakan untuk banyak mengkopi file kesana kesini perlu memilih teknologi ini.

Dua tipe router diatas mempunyai port USB yang bisa dikonfigurasikan untuk mengenali USB Flash Disk. Kita bisa membuat supaya selain drive C dan D yang ada di komputer kita, maka ada juga drive H ( misalnya ) yang sebenarnya adalah Flash Disk yang terpasang dibelakang WRT160NL atau WRT610N. Akses terhadap flash disk itu bisa dibatasi sehingga hanya pengguna tertentu saja yang bisa membacanya.

Tabel Fitur Linksys Router Tanpa Modem
Model WRT54GL WRT120N WRT160N WRT320N WRT160NL WRT610N
Fitur Khusus
Linux
Dual Band
(Tidak Simultan)
Linux
Entertainment
Optimized
Network (EON)
Dual Band
(Simultan)
Wireless
G
N
N
N
N
N Dual Band
LAN
4 x 10/100
4 x 10/100
4 x 10/100
4 x 10/100/1000
4 x 10/100
4 z 10/100/1000
MIMO
Tidak
Tidak
MIMO
NIMO
MIMO
MIMO
Enkripsi
WEP
WPA
WPA2
WEP
WPA
WPA2
WEP
WPA
WPA2
WEP
WPA
WPA2
WEP
WPA
WPA2
WEP
WPA
WPA2
Antena.
Internal
Internal
Internal
Internal
Eksternal
Eksternal
SPI Firewall
SPI
SPI
SPI
SPI
SPI
SPI
Harga
US$ 59
US$ 47
US$ 70
US$ 107
US$ 105
US$ 155
Link

Kepanjangan SPI adalah Stateful Packet Inspection. Fitur ini adalah fitur pelindung firewall yang akan memberikan perlindungan dasar serangan pihak luar saat kita melakukan browsing. Pengamanan tambahan dengan software web security disarankan.

Linksys Yang Menyatu Dengan ADSL Modem :

Linksys WAG120N ( 802.11b/g/n ) ADSL2+ Modem Wireless Router, 4-port Fast Ethernet LAN

Sebenarnya rata rata penyedia jasa broadband ADSL ( Telkom Speedy, Melsa, Simaya, dll ) memberikan atau meminjamkan ADSL modem kepada pelanggannya. Linksys mungkin karena lebih mahal harganya tidak terpilih menjadi alat yang dibundling oleh penyedia jasa tersebut. Untuk yang merasa satu box ( modem + wireless router ) lebih praktis dibanding dua box terpisah, maka WAG120N ini yang bisa dipilih.

Linksys WAG160N ( 802.11b/g/n ) ADSL2+ Modem Wireless Router, MIMO, dan 4-port Fast Ethernet LAN.

Tipe yang lebih mahal dengan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan jangkauan lebih luas.

Tabel Fitur Linksys Router Menyatu Modem ADSL2+
Model WAG120N WAG160N
Fitur Khusus

Integrated ADSL2+ Modem

Integrated ADSL2+ Modem
Wireless
N
N
LAN
4 x 10/100
4 x 10/100
MIMO
Tidak
MIMO
Enkripsi
WEP
WPA
WPA2
WEP
WPA
WPA2
Antena.
Internal
Internal
SPI Firewall
SPI
SPI
Harga
US$ 70
US$ 125
Link

Tanyakan ketoko yang menjual apakah mereka menyediakan Splitter dalam paket pembelian Linksys ini. Kita membutukan splitter untuk membuat cabang. Kabel telepon yang masuk perlu dibuat cabang dua. Satu ke pesawat telepon dan satu lagi ke alat Linksys kita.

Linksys Access Point Untuk Lokasi Besar

Masih ada peralatan dengan kategori Access Point untuk kita yang mempunyai rumah yang besar atau jika kantor kita terdiri dari beberapa lantai :

Linksys WAP54G ( Wireless-G )

Linksys WAP610N ( Wireless-N ) Dual Band 2.4 Ghz / 5 Ghz Selectable Wireless dan MIMO.

Tabel Fitur Linksys Access Point
Model WAP54G WAP610N
Fitur Khusus

 

Dual Band
( Tidak Simultan)
Wireless
G
N
LAN
1 x 10/100
1 x 10/100
MIMO
Tidak
MIMO
Enkripsi
WEP
WPA
WEP
WPA
WPA2
Antena.
Eksternal
Internal
SPI Firewall
SPI
SPI
Harga
US$ 65
US$ 90
Link