Sabtu , Mei 18 2024
230919 northern lights al 1145 327c55

Cahaya utara menjadi tontonan di beberapa bagian Kanada dan Amerika Serikat

Tampilan cahaya utara yang mempesona menggetarkan para pengamat langit di beberapa bagian Kanada dan Amerika Serikat pada Senin malam setelah letusan matahari besar-besaran mempercepat terjadinya aurora borealis.

Pertunjukan cahaya menakjubkan dilaporkan terjadi di beberapa negara bagian Barat dan Tengah, termasuk Montana, South Dakota, Wisconsin, dan Minnesota.

Cahaya utara, atau aurora borealis, disebabkan oleh partikel bermuatan yang dipancarkan matahari selama badai matahari. Tampilan cahaya berwarna-warni terjadi ketika awan partikel energik ini bertabrakan dengan medan magnet bumi dan berinteraksi dengan atom dan molekul di atmosfer bagian atas planet.

Cahaya Utara biasanya menerangi langit malam di lintang tinggi, namun selama aktivitas matahari intens, cahaya ini kadang-kadang terlihat lebih jauh ke selatan dari biasanya.

Aurora yang diamati pada malam hari Senin disebabkan oleh ledakan yang dikenal sebagai lontaran massa koronal yang terjadi di Matahari pada hari Sabtu. Pusat Prediksi Cuaca Antariksa Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (National Oceanic and Atmospheric Administration’s Space Weather Prediction Center) mengatakan dalam sebuah peringatan pada Selasa pagi bahwa mereka sedang melacak badai geomagnetik yang “kuat”, dan menambahkan bahwa penampakan cahaya utara mungkin terjadi di sejumlah negara bagian mulai dari Oregon hingga Pennsylvania, asalkan cuaca memungkinkan. .

Cahaya Utara biasanya muncul sebagai tirai berkilauan atau kolom cahaya hijau dan ungu, namun warna merah, biru, dan merah muda juga dapat terlihat tergantung pada komposisi dan kepadatan atmosfer.

Cabang Layanan Cuaca Nasional di Aberdeen, Dakota Selatan, pada Senin malam merilis foto-foto lampu hijau dan ungu yang spektakuler menari-nari di langit malam.

Di Glasgow, Montana, awan mengancam akan merusak pertunjukan tersebut, namun para pengamat langit yang sabar masih bisa mendapatkan beberapa pertunjukan yang mengesankan, menurut pejabat dinas cuaca.

Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa NOAA mengelola Dasbor Aurora yang menyediakan prakiraan Cahaya Utara dalam jangka pendek. Saat kondisi cerah, cahaya utara paling baik dilihat di tempat gelap dan jauh dari cahaya kota.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *