Minggu , Juni 16 2024
2

Digitalisasi operasional bisnis adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas

Jakarta (ANTARA) – Laporan “GoCorp Business Report 2023” dirilis unit bisnis. Layanan berdasarkan permintaan dari GoTo Gojek Group menunjukkan bahwa digitalisasi proses bisnis menjadi kunci peningkatan produktivitas.

“Komitmen jangka panjang kami untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat tidak hanya terbatas pada pelanggan perorangan namun juga pelaku usaha melalui kehadiran layanan GoCorp. Kami menemukan prosesnya selama proses pengembangan GoCorp.” Manajemen pengeluaran bisnis “Di Indonesia masih banyak yang dilakukan secara manual, terutama untuk usaha kecil dan menengah,” kata Chief of Transport Officer Gojek Shobhit Singhal dalam paparannya di Jakarta, Kamis.

Laporan bertajuk “A Closer Look 2023: Mastering Business Expense Management in Indonesia” menunjukkan bahwa hingga 75 persen pelaku usaha di Indonesia masih menggunakan sistem konvensional atau manual dalam proses penggantian biaya (pengembalian dana).

Sementara di sisi lain sistem pengembalian dana masih menjadi hambatan terbesar dalam mencatat pengeluaran bisnis sehari-hari bagi sebagian besar pekerja.

Shobhit melanjutkan, meski perusahaan berbasis aplikasi atau online, namun terkadang karyawan masih harus mencetak dan mengumpulkan berbagai bukti pemanfaatan manfaat secara terpisah, dilanjutkan dengan proses pelaporan yang masih harus dilakukan perusahaan secara manual.

“Proses manual ini mendorong kebutuhan untuk mengintegrasikan penggunaan perangkat lunak dan platform untuk memasukkan digitalisasi proses Manajemen pengeluaran bisnis secara keseluruhan,” kata Shobhit.

Menurut Shobhit, selama dua tahun terakhir, lebih dari 90 persen pelanggan korporat yang menggunakan GoCorp setuju bahwa perusahaan menjadi lebih hemat waktu dan biaya dalam mengelola pengeluaran bisnis. GoCorp, yang didukung oleh layanan dari ekosistem Gojek, memiliki ciri layanan yang familiar, sehingga proses onboarding menjadi relatif sederhana bagi pengguna akhir, yaitu karyawan.

“Pegawai yang memiliki akses sistem GoCorp dapat memesan kebutuhan transportasi, pengantaran barang, atau berbelanja kebutuhan sehari-hari semudah memesan layanan Gojek seperti biasa,” kata Shobhit.

Keunggulan GoCorp juga diungkapkan Avoskin sebagai pengguna layanan GoCorp sejak tahun 2022. Menurut Annisa Amalia Ramadhani, Head of Human Resource and Culture PT AVO Innovation Technology (Avoskin), selain pertumbuhan bisnis di berbagai daerah, teknologi menjadi kunci adaptasi bisnis untuk menjaga produktivitas karyawan.

“Di sinilah keunggulan layanan Gojek yang sudah sangat populer karena karyawan kami sudah terbiasa menggunakan Gojek setiap hari sehingga memudahkan proses sosialisasinya. GoCorp terbukti benar-benar efisien dalam mendukung operasional tim sehari-hari, baik dari segi waktu, proses, dan biaya,” kata Annisa.

Diluncurkan pada tahun 2021, GoCorp merupakan solusi teknologi Gojek bagi para pelaku bisnis dalam mengelola berbagai pengeluaran perusahaan untuk aktivitas operasional karyawan seperti biaya transportasi, makanan, dan pengiriman barang.

Selain memberikan transparansi pada pembelanjaan aktual dan penggunaan layanan, penagihan GoCorp disesuaikan berdasarkan penggunaan tanpa mengenakan biaya pemeliharaan, dan tidak ada persyaratan penggunaan minimum atau setoran minimum. Berbagai faktor unggulan tersebut membuat jumlah perusahaan di Indonesia yang mengadopsi solusi GoCorp1 meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Potensi GoCorp ke depan sangat besar, mengingat lebih dari 60 persen pengguna Gojek adalah karyawan perusahaan. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi Gojek untuk mendukung profitabilitas GoTo dengan menghadirkan varian produk untuk menjangkau segmen konsumen baru. Kami akan terus mendukung digitalisasi pengeluaran bisnis di Indonesia untuk menjadikan operasional perusahaan lebih efisien dan dengan demikian mendukung produktivitas perusahaan secara berkelanjutan,” kata Shobbit.

Baca juga: “S-Commerce” bertujuan untuk melatih UMKM lokal memanfaatkan potensi ekonomi digital

​​​​​​Baca Juga: Pemerintah menggalakkan e-commerce untuk mendongkrak digitalisasi dan pasar UMKM

Wartawan: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *